Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Thursday, February 21, 2008

21 Februari Terjadi Gerhana Bulan Total

Peristiwa Gerhana Bulan Total (GBT) akan kembali terjadi pada tanggal 21 Februari 2008. Seluruh permukaan Bulan akan benar-benar tertutup bayangan Bumi sehingga bulan yang seharusnya terang-benderang karena purnama akan tinggal kemerah-merahan.

Peristiwa ini dapat diamati di setengah lebih wilayah di Bumi seperti gerhana bulan umumnya. Gerhana dapat diamati baik sebagian maupun seluruhnya di Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia bagian barat. Sayang peristiwa kali ini tak dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia.

Bulan akan mulai memasuki bayangan Bumi paling gelap atau fase umbra pada Rabu (20/2) pukul 20.43 EST atau Kamis (21/2) 08.43 WIB. Peristiwa GBT akan berlangsung selama 51 menit.

Jika cuaca cerah, hampir di seluruh wilayah AS dan Eropa Barat, gerhana bulan dapat diamati secara penuh. Hanya di pantai barat AS dan Alaska yang tidak dapat melihat proses sejak awal karena saat bulan terbit gerhana sudah terjadi. Di Hawaii, gerhana total sudah berlalu saat bulan terbit. Di bagian barat Eropa dan Afrika, proses gerhana teramati dengan baik namun tidak selesai karena bulan keburu ternggelam.(SPACE.COM)

No comments: